11 Tips Membeli Macbook Bekas

Admin -
11 Tips Membeli Macbook Bekas

Tips Membeli Macbook Bekas – Apakah anda adalah seorang pengguna laptop yang beralih dari sistem operasi Windows ke macOS dengan anggaran terbatas? Kemudian membeli Macbook yang diperbarui dengan garansi dan dukungan teknis yang disertakan terdengar seperti pilihan terbaik.Atau, Anda dapat menghemat uang ekstra dengan membeli Macbook bekas.

11 Tips Membeli Macbook Bekas

Pada artikel ini, kami akan memandu anda melalui semua langkah penting yang harus anda putuskan untuk memastikan bahwa Macbook yang anda beli tidak akan bermasalah pada hari berikutnya.

Catatan: Merupakan ide bagus untuk melakukan beberapa diagnosa dasar saat anda bertemu dengan penjual anda. Jadi, ingatlah untuk membawa drive USB eksternal dengan macOS terinstal, dan headphone.

1. Periksa Kerusakan

Langka pertama yang harus anda lakukan adalah mencoba untuk memeriksa kerusakan pada calon Macbook anda. Mulai diagnosa dengan hati-hati memeriksa body Macbook bekas untuk kerusakan fisik, seperti goresan yang terlihat.

Selanjutnya, periksa semua sekrup. Sekrup yang longgar dapat menjadi tanda bahwa Macbook tersebut telah diservis oleh layanan perbaikan tidak resmi. Juga, pastikan layar dan casing tidak bengkok.

Terakhir, periksa engsel display (sambungan yang menahan display dan casing). Engsel ini harus cukup kuat untuk menopang tutupnya dan mencegahnya jatuh. Jika Anda menemukan kerusakan saat membeli Macbookbekas, anda dapat menjadikan hal itu untuk melakukan negosiasi harga.

2. Periksa Berapa Umur Macbook Tersebut.

11 Tips Membeli Macbook Bekas

Apakah pemilik Macbook saat ini mengklaim bahwa Macbooknya dalam kondisi seperti baru? Itu mungkin benar, tetapi itu tidak berarti itu benar-benar baru. Anda dapat memeriksa usia sebenarnya dari Macbook dengan masuk ke About This Mac bagian dari menu Apple di sudut kiri atas layar.

Jika macOS tidak diinstal pada Macbook bekas yang Anda periksa, Anda dapat memeriksa usianya dengan nomor serinya. Balikkan Macbook dan Anda akan menemukan nomor seri di sebelah tanda peraturan.

Gunakan sumber daya ini untuk mengidentifikasi model Macbook dan usianya, serta garansi dan dukungannya di halaman web pemeriksaan cakupan Apple.

3. Coba Boot Macbook Tersebut

Pastikan bahwa mesin yang ingin Anda beli mulai dan macOS dimuat sepenuhnya ke gambar desktop. Jika macOS tidak diinstal pada mesin ini, gunakan drive yang dapat di-boot yang Anda bawa (yang dilengkapi dengan macOS). Tahan tombol Option setelah Anda mendengar bunyi startup dan pilih drive startup eksternal.

Jika Macbook ini tidak bisa boot, itu bukan pemecah masalah. Kemungkinan saja terdapat sedikit masalah. Namun, terserah Anda untuk memutuskan apakah Anda siap untuk mengatasi masalah tersebut atau tidak. Dan jika ya, maka Masalah ini dapat anda jadikan alasan lain untuk meminta diskon pada Macbook bekas tersebut.

4. Nonaktifkan Firmware Password

Pengguna Macbook mengatur berbagai kata sandi untuk perangkat mereka, tetapi hal ini juga dapat membuat pusing bagi pemilik Macbook baru. Berita buruk jika penjual mengatur kata sandi firmware di perangkat mereka, maka anda tidak akan dapat mem-boot Macbook dari drive USB.

Saat mem-boot Macbook dan mendengar bunyi startup, tahan tombol Option. Jika Anda diminta untuk mengetikkan kata sandi firmware, mintalah pemilik Macbook untuk menonaktifkan.

Berikut cara menonaktifkan Firmware Password:

  • Matikan Mac
  • Nyalakan lagi dan tahan tombol Command + R segera setelahnya.
  • Lepaskan kunci ketika Anda melihat ikon kunci dan bidang kata sandi
  • Minta pemilik Macbook untuk memasukkan kata sandi firmware
  • Klik Utilities dan pilih Firmware Password Utility atau Startup Security Utility.
  • Klik Turn Off Firmware Password
  • Masukkan kata sandi firmware saat diminta
  • Keluar dari utilitas dan boot Macbook ulang.

5. Periksa kondisi Display

Untuk melihat piksel yang rusak pada display, buka dead pixels checker yang mengisi layar Anda dengan warna murni. Atau, buka gambar dengan latar belakang satu warna (merah, hijau, biru, putih, atau hitam) di Macbook bekas. Jika ada piksel yang rusak, Anda akan melihat bintik-bintik kecil di layar.

Tidak apa-apa jika ada satu atau dua piksel mati. Namun, jika ada kelompok piksel yang rusak, sebaiknya Anda jangan membeli MacBook bekas ini.

6. Jalankan Tes Keyboard

Gunakan aplikasi Text Edit bawaan macOS untuk memastikan keyboard tidak mengalami malfungsi. Buka dan ketik setiap karakter keyboard. Bekerja dengan baik? Sekarang coba tombol Caps Lock dan tombol fungsional (Fn). Apakah semua tombol bekerja dengan sempurna?

Atau, Anda dapat menggunakan Keyboard Viewer. Buka menu bahasa di menu bar atas, dan pilih Show Keyboard Viewer. Sekarang setiap tombol yang Anda tekan ditampilkan di window seperti keyboard baru.

7. Periksa Drive Optik

Jika Macbook yang akan Anda beli memiliki drive optik, maka masukkan DVD atau disk CD untuk memeriksa apakah itu dapat membaca informasi.

8. Periksa Semua Port

Ini mudah dilakukan. Cukup sambungkan drive eksternal Anda ke port USB. Lakukan hal yang sama dengan headphone. Bekerja? Luar biasa!

9. Jalankan Diagnostik Webcam

Jalankan aplikasi Facetime atau aplikasi Apple Photo Booth untuk menguji iSight camera. Bisakah Anda melihat wajah Anda pada window aplikasi? Jika ya maka webcam Anda bekerja dengan sempurna.

Jika Anda menemukan pesan pop-up yang mengatakan “There is no connected camera”, ubah kamera default aplikasi Anda ke iSight camera. Jika masalah ini berlanjut, itu bisa menjadi tanda bahwa webcam pada Macbook ini bermasalah.

10. Periksa Hard Drive

11 Tips Membeli Macbook Bekas

Disk Utility adalah alat yang berguna untuk membantu Anda memeriksa kesehatan hard drive Mac. Inilah yang harus dilakukan:

  • Buka Applications di Finder
  • Pilih Utilities
  • Pilih Disk Utility
  • Klik First Aid pada menu di atas
  • Klik Run

Pemeriksaan akan memakan waktu cukup lama dan setelah selesai, Anda akan melihat window dengan daftar pesan mengenai status hard drive Anda. Jika Anda melihat ada pesan berwarna merah, itu berarti ada yang salah dengan disk.

MacBook dengan hard drive yang rusak bisa menjadi “sakit kepala” yang besar, tetapi ini bukan akhir dari dunia. Anda selalu dapat memperbaiki atau menggantinya. Jika hal ini terjadi, maka pastikan untuk mendapatkan diskon dari penjual.

11. Periksa Kesehatan Baterai

11 Tips Membeli Macbook Bekas

MacBook dikenal karena kinerja baterainya yang luar biasa, jadi Anda ingin memastikan Macbook yang Anda beli tidak akan habis hanya setelah satu jam penggunaan.

Untuk memeriksa kesehatan baterai Macbook anda, ikuti langkah berikut:

  • Klik pada Logo Apple
  • Tahan Option key
  • Pilih System Information dari menu dropdown
  • Buka bagian Power di menu tab sisi kiri
  • Perhatikan bagian Health Information

Jumlah dan Kondisi siklus akan membantu Anda mendiagnosis kesehatan baterai Mac. Sebagian besar baterai Macbook cenderung bertahan antara 300 dan 1000 siklus pengisian daya. Di sini Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang jumlah siklus baterai untuk Macbook yang berbeda.

Pastikan jumlah siklus baterai dan kesehatan berada dalam batas. Sebagai aturan umum, semakin sedikit siklus baterai, semakin baik.