9 Tips Akuntansi Penting untuk Usaha Kecil

Admin -
9 Tips Akuntansi Penting untuk Usaha Kecil

Tips Akuntansi Penting untuk Usaha Kecil – Kami mengerti bahwa kehidupan seorang pemilik bisnis sudah begitu padat dengan pekerjaan dan aktivitas lain sehingga hal terakhir yang Anda pikir mungkin Anda butuhkan adalah mengerjakan sendiri pembukuan anda.

9 Tips Akuntansi Penting untuk Usaha Kecil

Percaya atau tidak, ada beberapa langkah yang dapat anda ambil saat ini yang mudah dan dapat membuat bisnis Anda meraih banyak kesuksesan. Berikut adalah beberapa Tips Akuntansi Penting untuk Usaha Kecil agar pembukuan anda selalu bagus dan rapi.

1. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Daripada pendapatan anda dan dana lainnya dimasukkan ke rekening pribadi, menjadi pemilik bisnis berarti beberapa keuangan berbasis bisnis akan digabungkan dengan dana pribadi anda.

Hal terakhir yang diinginkan setiap orang adalah duduk dan menelusuri setiap daftar belanja atau transaksi pribadi untuk menemukan satu bagian bisnis tertentu. Agar semuanya tidak repot, ambil langkah sederhana membuka rekening bank baru untuk semua urusan bisnis anda.

Dengan begitu, maka keuangan bisnis anda akan lebih terorganisir. Dimana keuangan pribadi anda tetap pribadi dan keuangan bisnis anda tetap di akun bisnis anda.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Pembukuan Penting untuk Bisnis

2. Pastikan Pembukuan Anda Rapi

Beberapa orang menyukai sedikit kekacauan dan yang lain tidak dapat bekerja jika dokumen mereka tidak rapi dan teratur. Itu mungkin bagus dalam kehidupan pribadi anda, tetapi ketika menyangkut pembukuan anda, cobalah dan simpan dalam kondisi yang baik sehingga anda tidak membuang waktu untuk mencarinya.

Catatan yang rapi dan tertruktur berarti Anda membuang lebih sedikit waktu untuk mencari dan lebih banyak waktu untuk melakukan, yah, apa pun yang ingin Anda lakukan. Ketika tenggat waktu pajak yang licik itu semakin dekat, Anda akan senang bahwa Anda meluangkan sedikit waktu untuk memastikan bahwa Anda menyimpan catatan Anda dengan rapi, rapi, dan lebih teratur.

3. Ingat dan Patuhi Tenggat Pajak

Berbicara tentang tenggat waktu pajak yang licik itu, apa pun yang akan membantu Anda mengingat bahwa tenggat waktu pajak semakin dekat, lakukanlah. Pengingat telepon, hitung mundur – apa saja. Tenggat waktu pajak yang menjulang bisa sangat menegangkan, terutama jika Anda terburu-buru karena Anda lupa dan kesalahan apa pun yang dibuat dapat memakan waktu lebih lama untuk diproses.

Ini benar-benar langkah yang cukup sederhana. Catat batas waktu pajak, tetapkan pengingat sebelumnya sehingga Anda memberi diri Anda cukup waktu untuk benar-benar mengisi pengembalian pajak Anda tanpa kesalahan dan sisanya sangat mudah. HMRC tidak akan menangani kasus Anda, catatan Anda akan akurat dan Anda bisa melupakannya sampai batas waktu berikutnya.

4. Simpan Semua Tanda Terima Anda

Kami tidak mengatakan simpan dan arsipkan setiap tanda terima setelah setiap pembelian, tetapi simpan tanda terima pembelian yang terkait dengan bisnis sehingga Anda dapat mengklaim untuk pengeluaran bisnis apa pun. Itu semua tergantung pada jenis bisnis Anda, seolah-olah Anda bekerja dari rumah, maka Anda dapat mengklaim kembali beberapa tagihan domestik, misalnya.

Itu bisa apa saja mulai dari perangko hingga alat tulis. Simpan semua pembelian atau pengeluaran terkait bisnis dan arsipkan dalam catatan rapi dan rapi yang telah kami sebutkan sebelumnya.

5. Ikuti Webinar Bisnis

Apakah anda pernah Webinar, Ya biasanya ini merupakan share tips atau cara bisnis seputar dunia bisnis secara gratis. Cari tahu apakah Webinar yang diadakan baik secara offline maupun online.

Ikuti atau lihat tutorial e-learning mereka sehingga Anda mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang aspek-aspek yang benar-benar penting bagi Anda.

Ini bisa berupa tips bagus untuk mendirikan perusahaan terbatas, pengarsipan online, dan itu hanya menggores permukaan. Webinar selalu memiliki sesuatu yang terjadi dan Anda mungkin menemukan sesuatu yang sangat berguna bagi Anda yang dapat sangat membantu.

6. Anggaran Untuk Pajak

Meskipun Anda mungkin menghasilkan banyak uang dan mendapat untung, tidak semua uang itu milik Anda karena Anda harus menyerahkan sebagian kepada petugas pajak. Aturan yang baik untuk diikuti adalah Anda menganggarkan anggaran untuk ini seiring berjalannya waktu sehingga Anda tidak terkejut secara besar-besaran di akhir tahun.

Jika Anda memiliki rekening tabungan atau sejenisnya, sisihkan sedikit penghasilan Anda sehingga Anda dapat dengan mudah melunasi tagihan pajak Anda tanpa khawatir dan menikmati sisa keuntungan Anda.

7. Pahami Aturan Pajak

Dalam hal pajak, penting bagi Anda untuk mengetahui dengan tepat mana yang berlaku untuk Anda dan bisnis Anda sehingga Anda tahu jenis pajak yang benar-benar harus Anda bayar. Pajak penghasilan, Asuransi Nasional, pajak Perusahaan, PPN, dan tarif bisnis – lakukan riset Anda terhadap semuanya sehingga Anda tahu apa yang harus Anda bayar.

8. Buat Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi (P&L) pada dasarnya memberi Anda gambaran tentang kesehatan keuangan bisnis Anda. Ini akan meringkas pengeluaran, biaya dan pendapatan bisnis Anda selama waktu tertentu untuk memenuhi HMRC dan persyaratan mereka.

Ini harus mencakup informasi seperti laba kotor, laba bersih, laba operasi, dan laba sebelum pajak Anda. Ini membuatnya jauh lebih mudah untuk menunjukkan pendapatan, biaya, dan berapa banyak keuntungan yang diperoleh bisnis Anda, biasanya selama 12 bulan terakhir.

9. Gunakan Aplikasi Digital

Ada aplikasi untuk hampir semua hal saat ini, jadi tidak mengherankan jika ada aplikasi pembukuan dan akuntansi yang dapat Anda unduh untuk mengatur pemasukan, pengeluaran, dan pajak Anda dengan benar. Hal ini membuat jauh lebih mudah bagi Anda untuk mengelola catatan keuangan Anda.

Dengan semakin dekatnya tenggat waktu Membuat Pajak Digital, Anda perlu mengambil langkah-langkah yang relevan untuk menggunakan teknologi yang memudahkan Anda untuk mendapatkan hak pajak Anda dan tetap di atas urusan Anda. Ini membantu membuat seluruh proses Anda lebih efektif dan efisien.

Bagian terbaiknya adalah menggunakan perangkat lunak yang tepat berarti Anda bahkan tidak perlu menjadi pemilik bisnis yang paling paham teknologi di luar sana. Beberapa dirancang untuk tetap sederhana dan ramping sehingga hanya fitur yang penting bagi Anda yang digunakan dan Anda tidak akan kewalahan saat musim pajak mendekat.

Secara keseluruhan, ini akan memberi Anda lebih banyak ketenangan pikiran bahwa semuanya terorganisir dan siap untuk dikirim, memberi Anda lebih banyak waktu luang untuk fokus menghasilkan lebih banyak keuntungan.