10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Admin -
10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman – Editor teks terbaik membuatnya sederhana dan mudah untuk dikodekan tanpa masalah pemformatan yang merusak pekerjaan Anda.

Ini terutama karena kebanyakan orang yang baru mengenal pemrograman belajar dengan cara yang sulit bahwa pilihan pertama mereka untuk pengkodean menyebabkan masalah dengan kode itu sendiri, seperti tidak menampilkan pemformatan dengan benar.

Pada intinya, editor teks terbaik tidak hanya sederhana tetapi juga fungsional dan bagus untuk digunakan. Tidak masalah apakah Anda mengkode dengan Linux , di Mac , atau PC Windows , editor teks harus mudah digunakan dan melakukan pekerjaan seperti yang seharusnya dilakukan.

Saat Anda seorang programmer atau pembuat kode, membuka editor teks favorit Anda seperti mengenakan celana jins lama. Dan ada pasangan yang cocok untuk semua orang.

Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Baik Anda mencari aplikasi untuk ditempelkan dalam cuplikan kode cepat atau memerlukan editor teks tangguh dengan fitur gaya IDE, Anda harus menemukannya di kumpulan editor teks terbaik kami, yang tercantum di bawah ini.

1. Sublime Text

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Bagi sebagian orang, Sublime Text menetapkan standar dalam hal editor teks. Ini adalah editor teks kaya fitur yang indah untuk mengedit kode yang mengutamakan pengalaman pengguna. Fitur-fiturnya termasuk mode penulisan bebas gangguan, dan pengeditan terpisah, selain pintasan dan pencarian cepat.

Omong-omong, ada banyak pintasan keyboard yang memungkinkan Anda melakukan apa saja mulai dari membuka file hingga menampilkan dan menyembunyikan bilah sisi, menggandakan baris, membuka nomor baris tertentu, membuka pemeriksa ejaan dan – yah – Anda mendapatkan idenya. Seperti Atom, Sublime memiliki repositori yang sangat aktif yang akan menambahkan fitur baru lama setelah Anda melakukan unduhan awal.

Tidak seperti beberapa editor teks lain yang ditampilkan di sini, Sublime Text tidak gratis. Namun, itu bukan biaya yang besar untuk lisensi, dan untuk beberapa pengguna fitur tambahan membuatnya layak untuk dibayar.

2. Atom

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Penggemar Atom khawatir ketika di Microsoft mengakuisisi Github, perusahaan yang mengembangkannya, pada tahun 2018 – tetapi mereka tidak memiliki alasan untuk khawatir. Atom, yang menggambarkan dirinya sebagai “editor teks yang dapat diretas untuk abad ke-21”, masih brilian dan tentu saja salah satu editor teks yang paling dapat disesuaikan.

Sejumlah besar paket pada platform telah dikembangkan oleh komunitasnya – dan jika ada sesuatu yang belum ada, Anda dapat membuatnya dengan mengedit CSS di bagian belakangnya.

Atom bersifat lintas platform dan didasarkan pada kerangka elektron, jadi pada sisi negatifnya, pembuat kode yang lebih memilih aplikasi mereka untuk menjadi ringan mungkin menolak jejak pemasangannya yang relatif besar.

3. Visual Studio Code

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Visual Studio Code (atau VScode) telah menjadi populer di kalangan pengembang – mereka yang tidak terganggu oleh fakta bahwa ini adalah produk Microsoft. Seperti Atom dan Sublime Text, ia menawarkan berbagai paket dan ekstensi gratis yang dapat diunduh dari pasarnya untuk menambahkan fitur tambahan – dan editor kode itu sendiri dapat disesuaikan.

Visual Studio Code menggunakan terminal dan debuggernya sendiri, mendukung linting, dan memiliki integrasi dengan segala macam alat kontrol sumber. Kami rasa itu membuat salah satu IDE terbaik untuk pengembang Python , karena menyarankan penyelesaian dan menyediakan popup on-the-fly yang menunjukkan dokumentasi untuk kelas dan metode.

4. Espresso

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Espresso adalah editor kode khusus Mac yang kuat dan halus, seperti minuman berkafein yang dinamai sesuai namanya. Editor teks ini telah dikreditkan dengan membantu penggunanya mengedit CSS dalam waktu yang lebih singkat, dan itu sebagian karena antarmuka pengeditannya.

Dibuat untuk pengeditan waktu nyata, ini dibagi menjadi tiga kolom yang terdiri dari file, editor kode, dan navigator Anda, yang memungkinkan Anda melihat berbagai bagian kode yang sedang Anda kerjakan. Dan apa pun yang diedit di jendela tercermin di browser – Anda dapat menarik dan melepas konten ke antarmuka Espresso untuk melihatnya diperbarui di bagian belakang secara waktu nyata.

5. Brackets

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Editor open source gratis lainnya, Brackets adalah tentang membuatnya mudah untuk mendesain di browser. Dibuat dari bawah ke atas untuk desainer web dan pengembang front-end, ia menawarkan berbagai alat pengkodean termasuk visualisasi waktu nyata dari situs web yang sedang Anda kerjakan, dengan perubahan yang tercermin dalam waktu nyata.

Bracket dikembangkan oleh Adobe, dan dengan demikian memungkinkan pengguna mengekstrak informasi seperti warna, gradien, font, dan pengukuran langsung dari file PSD sebagai CSS bersih. Karena itu, ini adalah alat yang harus dimiliki oleh setiap perancang UI di gudang senjata mereka.

Namun, dapatkan selagi bisa, karena Adobe telah mengumumkan bahwa mereka akan menarik dukungan untuk Brackets pada awal September tahun ini.

6. Notepad++

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Seperti solusi lain dalam daftar kami, Notepad++ adalah proyek sumber terbuka yang dapat disumbangkan oleh siapa saja. Ini adalah editor teks gratis yang banyak pemrogram unduh murni untuk dibuka ketika mereka perlu dengan cepat melihat kode dan menempelkan cuplikan satu kali dari klien FTP tanpa harus menunggu IDE mereka dimuat. Karena itu sering digunakan bersama (atau bahkan sebagai ganti) Atom dan Sublime Text.

Fitur-fiturnya termasuk antarmuka dokumen tab, dukungan untuk makro dan plugin, dan fungsi penyimpanan otomatis yang secara otomatis menyimpan file sementara sebelum memberi Anda pilihan untuk menyimpannya ke lokasi lain.

7. Vim

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Vim adalah sesuatu dari monster; binatang yang sama sekali berbeda dengan entri lain dalam daftar kami, ia memiliki kurva belajar yang curam dan Anda harus meluangkan waktu serius untuk mempelajari pintasan keyboardnya untuk menjadi menguasainya. Kumpulan perintah editor teks yang luas, begitu Anda tahu cara mengaksesnya, termasuk koreksi otomatis, daftar kesalahan, kompiler set, sintaks otomatis, dan konversi ke HTML.

Add-on lain dapat ditemukan yang menambahkan fungsionalitas, termasuk penggantian, pelengkapan otomatis, dan saran untuk sintaks – semua hal yang membantu membuat penulisan kode lebih mudah bagi pemrogram. Dengan kata lain, jika Anda meluangkan waktu untuk membantu VIM memahami apa yang ingin Anda capai, itu akan membantu Anda 10 kali lipat sebagai balasannya.

8. BBedit

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Lengkap dengan beberapa fitur profesional untuk pengkodean, BBedit adalah pilihan menarik bagi pengguna macOS yang dapat menangani proyek pengkodean sederhana selain tugas berat. Banyak programmer memilih BBedit karena kecepatan dan kemudahannya. Salah satu fitur, misalnya, memberi Anda opsi untuk menyalin sebagian besar teks dan melihatnya muncul di dokumen baru secara instan saat BBedit dibuka.

Ini hampir tidak akan menghemat waktu jika Anda melakukannya sekali, tetapi ketika Anda menyalin, menempel, dan memanipulasi kode sepanjang hari, detik-detik itu bertambah. Fitur BBedit lainnya termasuk penyelesaian teks (yang mempercepat pengkodean dengan menyarankan penyelesaian untuk simbol dan kliping); lipat kode; dukungan untuk Universal Stags. Ini juga mengintegrasikan akses ke Git dan Subversion, memungkinkan Anda untuk bekerja secara transparan dengan file sumber di bawah kendali revisi.

9. Ultraedit

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Ultraedit adalah editor teks kuat yang cocok untuk mengedit file teks besar yang ukurannya melebihi gigabyte. Selain teks, ini dapat digunakan untuk mengedit berbagai bahasa pemrograman – dari PHP dan Javascript hingga HTML.

Ultraedit menampilkan antarmuka berbasis kolom yang sangat dapat disesuaikan yang dapat diubah untuk membantu Anda mengelola proyek yang sedang Anda kerjakan, dan seperti orang lain dalam daftar ini, ia hadir dengan berbagai add-on dan fitur – seperti pelengkapan otomatis, Temukan di File, Template dan debugging. Ini juga menyediakan kemampuan untuk membuat pintasan keyboard khusus yang bagus untuk kecepatan tambahan dan kontrol penuh.