10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

Admin -
10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux
10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

Apa Software Gratis Wajib Anda Install di Linux? Jawabannya subjektif, dan itu tergantung pada tujuan Anda menggunakan Linux desktop. Tetapi masih ada beberapa aplikasi Linux penting yang lebih mungkin digunakan oleh sebagian besar pengguna Linux.

Di sini, kami telah membuat daftar aplikasi Linux terbaik yang harus Anda instal di setiap distribusi Linux yang Anda gunakan.

Di dunia Linux, ada alternatif untuk segalanya. Memilih distro? Ada puluhan dari mereka. Mencoba mencari pemutar musik yang layak? Banyak alternatif di sana juga.

Tetapi tidak semuanya dibangun dengan pemikiran yang sama – beberapa dari mereka mungkin menargetkan minimalis, sementara yang lain mungkin menawarkan banyak fitur. Menemukan aplikasi yang tepat untuk kebutuhan Anda bisa menjadi tugas yang cukup membingungkan dan melelahkan. Mari kita membuatnya sedikit lebih mudah.

Cek juga: Cara Download dan Install Kali Linux

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

Saya telah mengumpulkan daftar aplikasi Linux penting yang saya sukai untuk digunakan dalam berbagai kategori. Saya tidak mengatakan bahwa mereka adalah yang terbaik, tetapi saya telah mencoba banyak aplikasi di setiap kategori dan ini adalah yang paling saya sukai. Jadi, Anda dipersilakan untuk menyebutkan aplikasi favorit Anda di bagian komentar juga.

Kami juga akan menyebutkan beberapa aplikasi non-FOSS di sini (demi pengguna biasa yang hanya menginginkan desktop yang berfungsi) – jadi jangan ragu untuk memberi tahu kami saran non-FOSS Anda setelah membaca rekomendasi kami.

1. Image Editors

GIMP

Mengizinkan plugin yang memperluas fungsinya sambil menjadi solusi open source sangat mengesankan. Ini menawarkan hampir semua jenis alat yang Anda perlukan untuk memanipulasi gambar, menskalakannya, memotongnya, atau hanya menambahkan lapisan ke dalamnya.

Anda dapat menginstalnya dari AppCenter atau Software Center, atau kunjungi situs web GIMP untuk mengunduhnya.

Inkscape

Salah satu tool Linux terbaik untuk seniman digital, Inkscape tentu saja merupakan editor gambar yang mengesankan juga.

Tidak seperti GIMP, Inkscape sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar distro Linux utama. Ini menawarkan banyak alat menggambar dan kemampuan pengeditan grafik vektor menjadikannya pilihan yang kuat untuk memanipulasi gambar juga.

2. Audio Editors

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

Audacity

Kami telah menyebutkan beberapa editor audio di masa lalu, tetapi Audacity adalah alat paling populer untuk tugas pengeditan dasar. Anda dapat mencoba bereksperimen dan melakukan sesuatu yang menarik juga. Ini mendukung plugin untuk memperluas fungsinya.

Jika Anda bertanya-tanya: ini adalah perangkat lunak sumber terbuka dan tersedia gratis. Anda dapat menginstalnya langsung dari AppCenter atau Software Center, atau dari halaman unduhan resmi.

LMMS

LMMS adalah Digital Audio Workstation (DAW) gratis untuk Linux. Ini adalah alternatif kaya fitur untuk editor audio premium (atau DAW) untuk membuat, mengedit, dan merekam musik. Jika Anda memiliki perangkat MIDI, Anda cukup mencolokkannya ke mesin Anda dan mulai menggunakan LMMS.

Ini juga mendukung plugin VST untuk meningkatkan output Anda. Anda dapat langsung mengunduhnya dari AppCenter atau Software Center. Untuk membangun dari sumber, lihat halaman GitHub mereka.

3. Email Clients

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

Evolution

Evolution adalah aplikasi email default untuk pengguna desktop GNOME, dan dengan cepat menggantikan Thunderbird sebagai klien email pra-instal pada banyak distribusi Linux.

Ini menawarkan tata letak yang lebih baik dari Thunderbird dan juga mendukung Microsoft Exchange menggunakan ekstensi.

Anda dapat memeriksa halaman wiki GNOME untuk menemukan tautan ke Flatpak dan opsi instalasi lainnya.

Thunderbird

Software email clients yang sederhana dan gratis ini dikembangkan oleh Mozilla. Anda mungkin sudah menginstalnya di beberapa distribusi Linux. Tetapi jika tidak, Anda dapat menginstalnya dengan mudah menggunakan Software Center atau App Center Anda. Anda juga dapat mengunduhnya dari situs web mereka dan kemudian menginstalnya.

Ini menawarkan sebagian besar fitur yang Anda butuhkan, namun UI mungkin menjadi satu-satunya kelemahan bagi sebagian orang.

4. Personal Communication

Signal

Signal adalah aplikasi perpesanan instan open source yang populer sebagai salah satu alternatif untuk WhatsApp. Tak hanya itu banyak juga fitur Signal yang tak kalah seruh dari WhatsApp.

Element

Element adalah platform kolaborasi open-source yang aman yang dibangun di jaringan Matrix. Ini mungkin bukan pilihan yang populer, tetapi menawarkan banyak fitur sebagai pengganti banyak opsi kepemilikan lainnya untuk komunikasi pribadi atau pekerjaan.

5. Screen Recording and Streaming Tools

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

Kazam

Jika Anda telah mengikuti kami, Anda mungkin telah membaca tentang perekam layar terbaik yang tersedia untuk Linux.

Kazam adalah solusi paling sederhana di antara mereka. Ini memungkinkan Anda merekam layar Anda dan menyertakan sejumlah fitur penting seperti memberi Anda kemampuan untuk memilih area/jendela, menyembunyikan/menampilkan kursor, dan mengaktifkan suara dari mikrofon/speaker Anda. Untuk pet unjuk instalasi, halaman GitHub mereka akan menjadi pilihan terbaik Anda.

OBS

Open Broadcaster Software (OBS) adalah aplikasi perekam layar yang cukup populer dan tangguh yang sering digunakan oleh streamer.

Anda dapat menyesuaikannya, menambahkan template Anda sendiri, dll. Jadi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan setelah Anda mulai menjelajahinya. OBS cocok untuk pengguna pribadi dan profesional – ini bukan yang termudah tetapi sangat berguna.

Flameshot

Flameshot adalah favorit pribadi saya untuk mengambil tangkapan layar dan membuat anotasi. Heck, Anda bahkan dapat langsung mengunggah gambar Anda ke Imgur tanpa perlu menyimpannya di PC Anda. Saya menggunakan ini, apa pun distro Linux yang saya instal — sangat mudah dan fleksibel, Anda mungkin ingin menginstalnya juga.

Ksnip

Tool tangkapan layar lintas platform berbasis Qt yang cukup sederhana yang menawarkan lebih banyak fitur anotasi. Kami telah membahas beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar di Linux, dan menggunakan Ksnip adalah salah satunya.

Ini cukup baru, dan bukan alat tangkapan layar paling populer di luar sana, tetapi berfungsi seperti yang diharapkan. Lihat halaman GitHub untuk info lebih lanjut

6. System Optimizers/Task Managers

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

Stacer

Stacer adalah pengoptimal sistem dan pengelola tugas favorit saya di Linux , dengan antarmuka pengguna yang indah.

Anda tidak hanya mendapatkan UI yang cantik tetapi juga serangkaian fitur yang solid untuk membantu Anda dengan cara terbaik. Anda dapat mengelola tugas startup, membersihkan file sementara/cache, mengelola layanan yang berjalan, menghapus paket, dan memantau sumber daya sistem Anda dengan mudah. Lihat halaman GitHub mereka untuk instruksi instalasi.

htop

Anda mungkin tahu tentang alat CLI “atas” default. Ini masih berguna – tetapi bukan yang terbaik di luar sana.

Jadi jika Anda mencari alat berbasis baris perintah yang lebih baik, htop adalah pengganti yang sempurna. Anda tidak perlu lagi mengetikkan nomor proses untuk mematikannya, cukup arahkan ke sana dan akhiri. Ini jauh lebih mudah dan lebih cepat daripada alat CLI top tradisional.

7. Apps for Gamers

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

Steam

Ya, Steam adalah klien atau pasar berpemilik untuk membeli/menginstal/mengelola game Linux Anda. Tapi itu klien terbaik di luar sana, juga menawarkan perpustakaan besar untuk dipilih.

Anda akan menemukan opsi gratis dan berbayar, jadi telusuri semuanya. Untuk menginstalnya, Anda dapat mengunduh file .deb dari halaman unduhan resminya atau temukan penginstalnya di AppCenter atau Software Center.

Discord

Tanpa pikir panjang, jika Anda seorang gamer, Anda harus segera menginstal yang satu ini. Perhatikan bahwa ini bukan aplikasi open source .

Ya, ada alternatif untuk itu. Tapi tidak ada yang mengalahkan Discord dalam hal kemampuan untuk mengelola ruang server di mana sesama gamer dapat berinteraksi dan berkomunikasi melalui saluran suara dalam game.

8. Media Players

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

Audacious

Audacious adalah pemutar musik sederhana yang sumber dayanya rendah sekaligus menjadi solusi sumber terbuka. Anda dapat menyesuaikan antarmuka untuk memberikan tampilan yang berbeda.

Untuk menambahkan lagu, cukup drag and drop folder yang Anda inginkan. Anda dapat menginstalnya dari Software Center atau mengunjungi halaman download resmi.

VLC

Saya telah mencoba banyak pemutar video di mesin Windows saya dan juga di sistem Linux – tetapi saya terus kembali ke VLC hampir setiap saat. VLC adalah pemutar media sederhana yang open-source dan juga gratis.

VLC mendukung hampir semua jenis format file. Anda dapat mengunduhnya dari situs web mereka atau menemukannya di Software Center Anda.

9. Media Server Software

Kodi

Kodi jelas merupakan salah satu program server media terbaik yang tersedia untuk Linux.

Plex

Plex tidak sepenuhnya perangkat lunak server media sumber terbuka, tetapi menawarkan opsi untuk membuat akun gratis. UI yang bagus dengan semua fitur dasar yang Anda perlukan

10. Video Editors

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

Kdenlive

Kdenlive adalah salah satu program pengeditan video gratis terbaik yang tersedia untuk Linux. Ini adalah solusi sumber terbuka dan juga menawarkan dukungan untuk monitor ganda.

Kdenlive mencakup sebagian besar fitur yang diperlukan seperti efek transisi dasar, penyesuaian tata letak, pengeditan multi-track, dan sebagainya.

OpenShot

OpenShot adalah editor video open source yang mudah digunakan dan juga tangguh. Ini mencakup efek 3D, transisi video dasar, dukungan seret dan lepas, dan sebagainya.

11. Open-Source Media Converters

Handbrake

Handbrake adalah konverter video yang mengesankan . Ini mendukung berbagai codec video dan dengan cepat mengonversi video Anda. Tentu saja, Anda dapat memilih kualitas atau resolusi, kecepatan bingkai, dan banyak hal lain seperti subtitle saat mengonversi video

SoundConverter

Jangan khawatir jika Anda penggemar audio daripada video. Kami punya Anda. SoundConverter adalah alat konversi audio yang kuat yang mendukung hampir semua format file dan mengonversi file audio dengan cukup cepat.

12. Backup Tools

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

Timeshift

Ya, kami sering menyimpan cadangan file kami. Tetapi bagaimana dengan pembaruan driver dan perubahan konfigurasi yang Anda lakukan? Bagaimana jika ini merusak seluruh sistem Anda?
Dalam hal ini, Timeshift akan membantu Anda mengambil cadangan (atau snapshot) dari seluruh OS Anda beserta semua konfigurasinya. Anda dapat dengan mudah mengembalikannya ketika terjadi kesalahan.

Bacula

Bacula adalah alat pencadangan sumber terbuka kaya fitur yang tersedia untuk Linux. Ini bukan hanya satu program tetapi mencakup sejumlah alat untuk setiap opsi tertentu. Juga, ini agak berorientasi pada pengembang, jadi jika Anda memelihara jaringan komputer, Anda pasti dapat menggunakan Bacula.

13. PDF Editing Tools

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

LibreOffice Draw

Untuk tugas pengeditan PDF dasar, LibreOffice Draw adalah solusi masuk untuk pengguna yang lebih menyukai FOSS. Ini memiliki keterbatasan, tetapi berfungsi seperti pesona untuk sebagian besar kasus penggunaan.

PDF Studio

PDF Studio adalah editor PDF yang luar biasa oleh perangkat lunak Qoppa. Ini bukan penawaran open source – sebenarnya, ini adalah solusi berbayar bagi pengguna yang ingin mengedit file PDF.

PDF Studio menawarkan banyak fitur (membuat anotasi, mengedit, mengoptimalkan, menandatangani, tanda air, dll.) untuk memanipulasi file PDF dengan mudah.

14. Code and Text Editors

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

VS Code

Meskipun kami pengguna Linux, saya perhatikan bahwa banyak orang menyukai editor Kode Visual Studio . Ini mencakup fitur cerdas untuk melengkapi otomatis apa yang Anda tulis berdasarkan tipe variabel atau definisi fungsi.

Sangat disarankan jika Anda bekerja dengan Git, karena perintah yang relevan sudah ada di dalamnya. Dan saat Anda mulai menjelajah, Anda akan menemukan bahwa ada lebih banyak hal di dalamnya.

Lyx

Editor sumber terbuka dengan banyak fitur. Jika Anda sedang menulis dokumen ilmiah atau tesis, ini bisa berguna dengan editor rumusnya untuk mempermudah segalanya. Anda dapat mengunduhnya langsung dari AppCenter atau Software Center. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs web mereka.

Texmaker

Ini secara khusus dirancang untuk lingkungan GNOME tetapi berfungsi di mana-mana. Konversi PDF-nya sangat cepat. Cobalah dengan mengunduhnya dari App Center/Software Center atau situs resminya.

15. Note Taking Apps

Simplenote

Simplenote adalah salah satu alternatif Evernote terbaik yang tersedia untuk Linux. Organisasi di balik WordPress (Automattic) bertanggung jawab untuk mengembangkan Simplenote.

Jadi itu dipelihara secara aktif dan menawarkan semua fitur pencatatan dasar (dan kemampuan sinkronisasi) di beberapa perangkat secara gratis

Laverna

Laverna adalah aplikasi pencatat sumber terbuka yang tersedia secara gratis. Anda dapat menggunakannya sebagai alat berbasis web dengan fungsi enkripsinya, atau mengunduhnya ke desktop Anda.

Sangat mudah digunakan, dengan UI yang layak. Selain itu, ini juga mendukung penyorotan kode dan daftar tugas yang harus dilakukan untuk mempermudah segalanya. Cobalah!

16. Team Communication & Productivity

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux

Slack

Slack di Linux tersedia secara gratis, dan Anda dapat memilih untuk memutakhirkannya ke versi premium untuk lebih banyak fitur.

Anda tidak akan memerlukan paket premium kecuali Anda adalah pengguna perusahaan dengan banyak pengguna untuk dikelola. Gratis atau premium, ini adalah tambahan penting.

Franz

Dengan aplikasi ini, Anda tidak lagi harus beralih di antara tab browser atau aplikasi yang berbeda saat mengerjakan sesuatu.

Franz menggabungkan hampir semua layanan pesan/email penting di bawah satu atap. Anda hanya perlu meluncurkan satu aplikasi (dan masuk ke beberapa layanan) untuk mengikuti semua komunikasi yang Anda butuhkan tanpa beralih ke aplikasi lain.

17. Virtualization Apps

Oracle VM VirtualBox

VirtualBox adalah solusi virtualisasi gratis dan open-source yang luar biasa bagi mereka yang ingin mencoba distro yang berbeda (atau bereksperimen dengan hal-hal) tanpa mempengaruhi sistem host Anda. Terdapat banyak kegunaan disana yang tentu menarik untuk jelajahi!

18. Authenticators

Authy

Hampir semua orang menggunakan otentikasi 2 faktor untuk mengamankan akun online mereka. Tetapi biasanya, Anda memerlukan ponsel cerdas Anda bersama dengan aplikasi otentikasi untuk kodenya, bukan?

Jangan khawatir, dengan Authy , sebuah alternatif untuk Google Authenticator, Anda akan dapat menyinkronkan kode 2FA di seluruh perangkat tanpa risiko kehilangannya. Ini tersedia untuk Android, iOS, Linux, Windows, dan macOS juga.

Akhir kata

Kami telah mencoba membuat daftar 10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux. Tetapi sekali lagi, kami menyadari bahwa mungkin kami melewatkan beberapa aplikasi yang mungkin tidak kami ketahui. Untuk itu, jika anda memilikinya, beri tahu kami pendapat Anda di komentar di bawah.