26 Ide Bisnis Instagram untuk Calon Pengusaha

Admin -
26 Ide Bisnis Instagram untuk Calon Pengusaha
26 Ide Bisnis Instagram untuk Calon Pengusaha

Ide Bisnis Instagram – Lebih mudah dari sebelumnya untuk memulai bisnis di Instagram . Tetapi ada begitu banyak kemungkinan ide bisnis Instagram, tidak selalu mudah untuk memilih yang terbaik untuk Anda.

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin menggunakan Instagram untuk bisnis. Anda mungkin ingin

  • Memperluas bisnis yang sudah ada,
  • Menambah sumber penghasilan tambahan,
  • Memulai karir baru.

Apa pun tujuan Anda, Instagram adalah alat yang ampuh untuk membantu Anda mencapainya. Sekitar 60% pengguna Instagram berada dalam demografi kunci 18-ke-34 . Dan tidak seperti beberapa platform, mereka terbagi rata antara pria dan wanita.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda 26 ide bisnis Instagram untuk membuat jus kreatif Anda mengalir.

Apa itu Bisnis Instagram ?

Sebelum melihat ide bisnis Instagram tertentu, mari kita lihat secara umum cara kerja bisnis Instagram.

Jika Anda mencoba memunculkan ide bisnis Instagram, salah satu pertanyaan pertama yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri adalah “ bagaimana saya akan menghasilkan uang dari ide ini ?”

Cara tradisional adalah dengan menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk atau layanan yang Anda jual. Anda selalu dapat melakukan ini dengan menautkan ke etalase online Anda di posting Anda.

Tetapi Instagram telah membuatnya lebih mudah untuk menjual di aplikasi itu sendiri . Ide bisnis Instagram semacam ini menghasilkan uang dengan menjual ke pengikut mereka.

Terkadang Anda menggunakan postingan Instagram untuk menjual produk. Terkadang postingan Instagram Anda adalah produknya. Kategori kedua ini mencakup bisnis apa pun yang menghasilkan uang dari konten bersponsor atau tautan afiliasi.

Ide bisnis Instagram semacam ini tidak menghasilkan uang langsung dari pengikut mereka. Mereka menghasilkan uang dengan menjual diri kepada pengiklan yang ingin menjangkau pengikut mereka.

Berikut 26 ide bisnis Instagram

#1. Fotografer

Instagram telah menambahkan lebih banyak fitur baru selama bertahun-tahun. Tetapi pada intinya, ini masih merupakan aplikasi berbagi foto. Jadi di mana lebih baik untuk memamerkan keterampilan fotografi Anda?

26 Ide Bisnis Instagram untuk Calon Pengusaha
Image credit: 365psd

Ingat, Anda tidak hanya menjual foto Anda. Anda juga menjual nilai membeli cetakan yang menghadap ke gambar di ponsel Anda. Jangan ragu untuk menampilkan karya Anda dalam konteks yang menarik.

#2. Seniman visual

Fotografi digital mungkin merupakan media artistik termudah untuk dipasang di Instagram. Tetapi semua jenis media dapat memperoleh manfaat dari antarmuka visual platform.

Pelukis, pematung, seniman “lainnya” semuanya dapat menggunakan Instagram untuk menjual karya mereka.

#3. Grafik Desainer

26 Ide Bisnis Instagram untuk Calon Pengusaha
Image credit: pngwing

Desainer grafis seperti bisnis lain yang membuat produk visual. Mereka ditempatkan dengan baik untuk memanfaatkan fokus Instagram pada visual. Mereka memiliki manfaat tambahan bahwa merek yang mereka rancang sama bersemangatnya untuk diperhatikan.

Ketika Anda menempatkan desain Anda di Instagram, itu adalah win-win yang mempromosikan Anda dan klien Anda. Pastikan Anda memiliki izin dari merek untuk mempostingnya.

#4. Makeup artist

Mungkin tubuh manusia adalah kanvas Anda. Instagram adalah tempat yang bagus untuk mempromosikan bisnis Anda juga. Komponen visual yang kuat dari pekerjaan Anda sebagai penata rias memberi Anda sumber konten alami untuk membangun kehadiran Instagram Anda.

Pastikan untuk mendapatkan persetujuan dari klien Anda sebelum memposting foto mereka di media sosial. Banyak yang akan dengan senang hati menjadi model karya Anda. Tapi cek dulu. Ini akan membantu menghindari masalah etika, belum lagi hubungan pelanggan, di telepon.

Atau Anda bisa memposting desain yang telah Anda buat di wajah Anda sendiri.

#5. Seniman tato

Kembali ke masa lalu yang indah, jika Anda ingin mendapatkan tato, Anda harus pergi ke salon tato dan melihat-lihat buku fisik untuk melihat apakah artis itu cocok dengan visi Anda.

Tetapi platform seperti Instagram telah mengganggu cara orang yang menginginkan tato menemukan artis yang dapat mewujudkan ide mereka. Sekarang Anda dapat menelusuri karya seniman tato dari ponsel Anda.

Minuit Dix mempromosikan karya mereka dengan foto close-up. Dengan cara ini mereka memamerkan seni mereka sambil menghormati privasi klien mereka.

#6. Web Desainer

Bagi kebanyakan orang , situs web pada dasarnya adalah pengalaman visual. Gunakan kehadiran Instagram Anda untuk membagikan desain Anda yang paling elegan.

Manfaatkan fitur Instagram lainnya untuk menunjukkan interaktivitas desain Anda. Posting Carousel memungkinkan pengguna menggesek berbagai bagian situs web. Anda juga dapat menggunakan video untuk menampilkan lebih banyak interaksi animasi.

#7. Interior Desainer

Orang-orang menyukai gambar interior yang ditata dengan indah. Ini membuat Instagram cocok untuk bisnis desain interior Anda.

Apakah tampilannya minimalis Skandinavia atau maksimalis eklektik, tidak ada yang bisa menolak mengintip ke dalam rumah orang lain.

#8. Event Planner

Bahkan bisnis yang lebih banyak menyediakan layanan daripada menghasilkan produk yang mudah difoto dapat berkembang di Instagram. Letakkan gambar acara yang Anda rencanakan di feed Anda untuk memberi tahu orang-orang betapa menyenangkannya acara Anda.

#9. Event Promoter

Jika Anda seorang promotor acara, Anda mungkin sudah menggunakan media sosial untuk mempromosikan acara klien Anda. Mengapa tidak menggunakan Instagram untuk mempromosikan diri Anda ke klien baru?

Pada saat penulisan, mengemas kerumunan orang ke dalam ruang tertutup masih berisiko di banyak tempat. Tetapi orang-orang lebih lapar dari sebelumnya untuk kontak sosial. Gambar acara yang Anda promosikan di mana orang bisa bersenang-senang tanpa membahayakan kesehatan masyarakat adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian positif.

#10. Marketing Media Sosial

Jika bisnis Anda melibatkan penyediaan pemasaran media sosial untuk merek lain, cara apa yang lebih baik untuk membuktikan kemampuan Anda selain dengan memasarkan diri Anda di media sosial?

Tetapi Anda tidak harus secara pasif menunggu klien datang kepada Anda. Anda juga dapat menggunakan Instagram untuk terhubung dengan merek yang ingin Anda ajak bekerja sama.

#11. Personal Trainer

Untuk sumber penghasilan yang lebih aktif, coba bawa bisnis Anda sebagai personal trainer ke Instagram.

Ada semua jenis konten yang dapat Anda buat untuk mempromosikan merek Anda. Demonstrasi latihan, konten motivasi, atau saran diet adalah semua kemungkinan. Anda bahkan dapat menggunakan Instagram Live untuk menyiarkan latihan Anda secara real time.

#12. Baker

Kami semua mencoba membuat kue ketika kami terjebak di rumah pada hari-hari awal pandemi. Tapi sekarang starter penghuni pertama kami sudah mati, dan kami siap membayar orang lain untuk membuat roti kami. Orang itu bisa jadi Anda!

Dari roti kering hingga makaroni yang lembut, kualitas visual makanan yang dipanggang membuatnya ideal untuk konten Instagram.

#13. Layanan perbaikan khusus

Mungkin Anda seorang tukang sepatu, pembuat jam, penjahit, atau dalam perbaikan TV/VCR . Jika Anda membuat atau memperbaiki produk khusus, Instagram dapat menghubungkan Anda dengan orang-orang yang membutuhkan layanan Anda.

Instagram membantu Anda membangun audiens dari orang-orang yang tidak selalu aktif mencari layanan Anda. Dengan begitu Anda sudah memiliki hubungan dengan mereka ketika sol sepatu mereka mulai menipis dan mereka membutuhkan seseorang untuk membantu mereka menghilangkan kesulitan berjalan.

#14. Penjual Langsung Instagram

Meta memperkenalkan Instagram Live untuk memungkinkan pengguna berbagi video streaming langsung. Mereka kemudian membuat Belanja Langsung . Platform ini memungkinkan pengguna untuk membeli produk langsung dari siaran langsung.

Hampir tidak ada batasan untuk jenis konten yang dapat Anda buat dengan mempertimbangkan Belanja Langsung. Anda dapat membuat demonstrasi produk bergaya Jaringan Belanja Rumah atau meningkatkan kecakapan memainkan pertunjukan Anda seperti infomersial Ronco di masa lalu.

#15. Pemasar Tautan Afiliasi

Tautan afiliasi adalah tautan yang dapat dilacak di postingan Instagram Anda yang mengarah ke toko merek lain. Ketika seseorang menggunakan tautan Anda untuk membeli sesuatu, Anda mendapat komisi.

Untuk mulai menggunakan tautan afiliasi, Anda dapat bergabung dengan jaringan seperti Afiliasi CJ, Pepperjam, ShareASale, atau Rakuten. Merek seperti Glossier, Mejuri, dan Rent the Runway menjalankan program afiliasi mereka sendiri. Instagram bahkan mengembangkan alat afiliasi asli mereka sendiri .

Ini adalah ide bisnis yang sangat efektif di kalangan Fashion Instagrammers, yang mendapatkan potongan penjualan dari pengikut yang berbelanja pakaian mereka.

#16. Influencer

Kata influencer mencakup banyak hal di Instagram. Semua orang dari X hingga Y termasuk dalam kategori ini. Hal yang mereka semua bagikan adalah bahwa mereka memonetisasi pengaruh pribadi yang mereka miliki terhadap pengikut mereka dengan bertindak sebagai pemasar untuk merek lain.

Jika Anda ingin memengaruhi bisnis Instagram Anda, pertimbangkan seperti apa personal brand Anda nantinya. Beberapa ide berikutnya akan membahas beberapa jenis utama influencer.

#17. Influencer Lifestyle

Lifestyle (Gaya hidup) influencer membangun audiens mereka melalui kepribadian umum mereka. Biasanya ini berarti menciptakan kehidupan pribadi untuk Instagram yang terhubung dengan pengikut mereka. Dan koneksi ini dapat dimonetisasi dengan bermitra dengan merek di Instagram.

Beberapa influencer terhubung dengan pengikut dengan menggambarkan gaya hidup yang dikuratori dan aspiratif. Influencer lain mendasarkan merek mereka pada kekasaran mereka, memonetisasi penderitaan yang berhubungan atau situasi yang realistis.

#18. Influencer makanan

Influencer makanan membangun pengikut mereka di sekitar visual yang menarik dan komentar yang ringkas namun informatif. Anda akan membangun kepercayaan dengan audiens Anda sebagai sumber tempat terbaik untuk makan.

Pemirsa yang Anda bangun di sekitar konten berbasis makanan Anda akan menarik bagi pengiklan yang mencari konsumen dengan palet yang cerdas.

#19. Influencer Kepemimpinan

Jika kelebihan Anda adalah membuat makanan daripada mengulas makanan orang lain, ada bisnis Instagram untuk Anda. Sebagai koki influencer, Anda akan membagikan resep dan demo memasak untuk menarik pengikut yang ingin belajar cara memasak—atau yang hanya ingin melihat orang lain memasak.

Memasak secara visual dinamis. Dan opsi berbagi video Instagram memungkinkan Anda mendiversifikasi cara Anda menjangkau audiens Anda. Video pendek dapat ditayangkan di Gulungan atau Cerita. Dengan Live, kini Anda dapat menggunakan Instagram untuk streaming demo memasak yang lebih lama.

Anda dapat memonetisasi pengaruh Anda sebagai koki Instagram dengan memasarkan merek terkait makanan. Tetapi Anda juga dapat menggunakannya sebagai batu loncatan untuk menjual buku masak Anda sendiri atau produk lainnya.

#20. Influencer perjalanan

Influencer perjalanan menjadikan diri mereka sumber ke mana harus pergi dan apa yang harus dilakukan. Saat Anda mendapatkan pengikut, Anda akan dapat menjual pengaruh Anda kepada pemasar yang menjual ke demografi yang bepergian.

Anda bisa memasarkan pengaruh Anda ke akomodasi dan atraksi yang bisa Anda kunjungi. Namun Anda juga bisa mempromosikan merek yang membuat barang-barang yang dibutuhkan wisatawan seperti koper, ransel, dan sepatu yang nyaman namun tetap bergaya.

Anda dapat memanfaatkan tagar populer, seperti #vanlife, untuk membagikan konten Anda kepada orang-orang yang ingin melihatnya.

#21. Pakar Influencer

Apakah Anda memiliki keahlian di bidang tertentu dan kemampuan untuk mengomunikasikannya kepada khalayak luas? Anda dapat menggunakan Instagram untuk memposting konten informatif dan menumbuhkan pengikut Anda.

Mungkin Anda tahu banyak tentang arsitektur. Anda tidak harus memposting gambar hanya rumah yang Anda rancang untuk membangun pengikut. Audiens yang Anda kembangkan dengan pengetahuan Anda akan memiliki nilai ekstra bagi pengiklan di bidang itu.

#22. Influencer Hewan

Gambar hewan peliharaan telah ada di internet selama ada protokol transfer gambar ( meme I Can Haz Cheezburder akan cukup umur untuk mendapatkan izin pelajar di banyak tempat tahun ini). Tetapi dengan bantuan Instagram, memonetisasi gambar hewan peliharaan Anda tidak pernah semudah ini.

Pasar perawatan hewan peliharaan global tumbuh sebesar 28% pada tahun 2020 . Konten sponsor atau tautan afiliasi untuk produk yang digunakan hewan peliharaan Anda bisa sama menguntungkannya dengan produk manusia.

Menjadi influencer hewan bukan hanya untuk kucing dan anjing. Memusatkan konten Anda pada hewan yang unik, seperti tupai, dapat membuat Anda menguasai ceruk yang menguntungkan.

#23. Product Reviewer

Sekitar setengah dari pengguna Instagram menggunakan platform untuk menemukan merek baru. Sebagai peninjau produk, bisnis Anda menghasilkan uang dengan bermitra dengan merek untuk meninjau produk mereka guna memperkenalkan produk yang mereka inginkan kepada pengguna.

Sebaiknya terbuka tentang hubungan Anda dengan merek yang Anda ulas. Nilai Anda sebagai influencer berasal dari kepercayaan yang diberikan audiens kepada Anda. Ini buruk untuk keuntungan Anda jika audiens Anda berpikir Anda memberikan ulasan yang baik kepada siapa pun yang membayar Anda.

#24. Penyair instagram

Jika Anda suka menulis, pertimbangkan puisi Instagram sebagai cara untuk mendapatkan uang dari platform. Puisi mungkin bukan hal pertama yang dipikirkan orang ketika memikirkan bisnis Instagram. Namun berkat pionir awal, ini telah menjadi model bisnis yang layak.

Menjadi penyair Instagram sangat mirip dengan menjalankan jenis bisnis lain di platform. Pencitraan merek pribadi yang kuat, mendorong keterlibatan audiens, dan aliran konten yang konsisten adalah kunci dari pengikut yang dapat Anda monetisasi.

#25. Penari Gulungan

Meta meluncurkan Instagram Reels pada tahun 2020 untuk memerangi kebangkitan TikTok. Hanya waktu yang akan menentukan apakah Reels akan menjadi seperti Stories (klon Snapchat Instagram yang terus berkembang) atau seperti IGTV (pesaing YouTube yang belum begitu sukses ).

Karena kedua platform tersebut sangat mirip, konten yang bekerja dengan baik di satu platform cenderung juga berhasil di yang lain. Tingkatkan audiens Anda, dan nilai Anda sebagai influencer, dengan membawa tarian TikTok terbaru ke Reels.

#26. Brand Ambassador

Garis antara influencer dan Brand Ambassador tidak jelas. Perbedaan utama adalah bahwa duta merek biasanya fokus untuk mempromosikan satu merek. Influencer cenderung lebih beragam dalam promosi mereka.