Cara Menurunkan Penggunaan RAM Google Chrome

Admin -
Cara Menurunkan Penggunaan RAM Google Chrome
Cara Menurunkan Penggunaan RAM Google Chrome

Cara Menurunkan Penggunaan RAM Google Chrome – Jika Anda meminta siapa pun untuk memberi nama browser favorit mereka, sebagian besar orang akan menamai Google Chrome.

Dan jika Anda bertanya kepada orang yang sama aplikasi/perangkat lunak yang paling haus memori di komputer mereka, mereka akan memberi nama Google Chrome.

Jadi, Google Chrome tidak diragukan lagi merupakan browser yang lebih baik dalam banyak hal daripada yang lain dan menguasai pangsa pasar browser di dunia internet. Namun, ia memiliki pro dan kontra. Dari panduan ini, Anda akan mempelajari cara menghentikan Google Chrome agar tidak menggunakan RAM Anda.

Cara Menurunkan Penggunaan RAM Google Chrome

Cara Menurunkan Penggunaan RAM Google Chrome
Contoh Penggunaan RAM Google Chrome

1. Matikan Proses Latar Belakang

Jika Anda pengguna baru dan baru saja menginstal Google Chrome, Anda akan melihat ikon Chrome di bawah ikon tersembunyi di sisi kanan bilah tugas. Ini menunjukkan bahwa Chrome berjalan di latar belakang bahkan saat ditutup. Dibutuhkan memori dan dapat memperlambat laptop Anda.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mematikan proses latar belakang Chrome. Klik kanan ikon Chrome dan nonaktifkan ‘Biarkan Chrome berjalan di latar belakang’.

2. Instal Ekstensi Manajemen Tab

Sekarang, masalah utama yang dihadapi pengguna Chrome adalah semakin banyak tab yang Anda miliki, semakin lambat komputer Anda. Untuk masalah ini, kami punya solusi. Ini akan membiarkan Anda menjaga memori browser Anda tetap bersih tetapi juga membantu Anda dalam mengelola tab saat Anda mengerjakan tugas yang berbeda.

  1. Instal ekstensi “OneTab” dari Toko Web Chrome
  2. Setelah instalasi selesai, atur ekstensi sesuai kebutuhan Anda
  3. Klik ikon ekstensi dan semua tab akan dipindahkan ke OneTab baru
  4. Anda juga dapat memasukkan situs web ke daftar putih dan mengirim tab di sisi kiri atau kanan di OneTab
  5. Menggunakan OneTab, Anda dapat menurunkan beban di komputer dan membuat browser Anda bekerja lebih cepat.

3. Hapus Ekstensi yang Tidak Perlu

Anda juga dapat membuat chrome berjalan mulus dengan memastikan bahwa Anda tidak memiliki ekstensi yang tidak terlalu berguna atau hanya tergeletak di sekitar. Temukan dan hapus ekstensi yang tidak banyak Anda gunakan. Untuk menghapus ekstensi dari Chrome, klik kanan pada ekstensi dan kemudian klik “Hapus dari Chrome….” Anda juga dapat menghapus ekstensi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Temukan dan klik menu tiga titik di kanan atas
  2. Navigasikan ke “Alat lainnya”
  3. Klik “Ekstensi” dan halaman ekstensi akan terbuka
  4. Hapus ekstensi yang tidak Anda perlukan atau tidak terlalu penting

4. Hapus Aplikasi Chrome yang Tidak Perlu

Sama seperti ekstensi, aplikasi Chrome juga dapat mengambil sumber daya dan membuat pengalaman menjelajah Anda lebih lambat. Anda harus mengikuti langkah yang sama seperti yang disebutkan di atas untuk ekstensi dan menemukan bagian “Aplikasi Chrome”. Dari sana, Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak Anda perlukan dan membebaskan browser Chrome Anda dari mantra gelap memakan lebih banyak RAM.

5. Beberapa Profil Pengguna

Profil pengguna yang berbeda di Google Chrome dapat mengambil lebih banyak sumber daya daripada satu profil. Memiliki lebih dari satu profil di browser Chrome dapat memperlambat kinerja browser Anda. Ini mempengaruhi waktu pembukaan browser serta membutuhkan ruang untuk data dari kedua profil. Cobalah untuk menjaga browser Anda ke satu profil, dan jika perlu gunakan penjelajahan Penyamaran untuk menggunakan akun lain.

6. Aktifkan Akselerasi Perangkat Keras:

Untuk mengaktifkan Akselerasi Perangkat Keras di Chrome, klik tombol menu tiga titik, dan masuk ke Pengaturan. Dari sana, navigasikan ke tombol ‘Lanjutan’ dan klik di atasnya. Di bawah bagian ‘ Sistem’ , aktifkan ‘Gunakan akselerasi perangkat keras bila tersedia’ dan mulai ulang peramban Google Chrome. Anda dapat memeriksa akselerasi perangkat keras dengan memasukkan chrome://gpu/ di bilah alamat.

7. Aktifkan Fitur Layanan Prediksi

Mengaktifkan layanan prediksi juga dapat membuat browser Anda berjalan cepat. Namun, Ini dapat membutuhkan lebih banyak sumber daya karena browser memprediksi kueri yang Anda ketikkan. Jika Anda merasa fitur ini berguna, Anda dapat menyimpan atau menonaktifkan fitur ini tergantung pada preferensi Anda. Disarankan untuk menyimpan fitur ini untuk pengalaman yang lebih baik.

8. Jalankan Pemindaian Malware

Memindai malware juga disarankan jika browser chrome Anda tampaknya menggunakan lebih banyak sumber daya daripada biasanya. Anda dapat memindai malware dari pengaturan chrome. Jika ditemukan, Anda juga dapat menghapus malware dari dalam pengaturan chrome.

9. Instal ulang/Reset Google Chrome

Jika masalah Anda terus-menerus dan tidak ada hal di atas yang berfungsi untuk Anda, maka Anda harus mencoba menginstal ulang atau mengatur ulang browser Google Chrome.

10. Hapus Data dan Riwayat Penjelajahan

Meninggalkan riwayat browser dan data di sana juga dapat membuat komputer Anda berjalan lambat. Anda perlu menghapus data penjelajahan dan riwayat tepat waktu untuk menghindari hal ini. Pastikan Anda menghapus data dan bukan info penting lainnya seperti sandi dan email.

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tutorial untuk menyelesaikan masalah anda, langsung saja meluncur ke blog Flexadia untuk melihatnya.

Semoga bermanfaat!.