Cara Menghapus Widget Cuaca Dari Taskbar Windows 11

Admin -
Cara Menghapus Widget Cuaca Dari Taskbar Windows 11
Cara Menghapus Widget Cuaca Dari Taskbar Windows 11

Cara Menghapus Widget Cuaca Dari Taskbar Windows 11 – Apakah widget cuaca pada Windows 11 membuat Anda bingung? Berikut cara Menghapus widget cuaca dari taskbar Windows 11.

Windows 11 menampilkan widget cuaca di kiri bawah bilah tugas. Saat terhubung ke Internet, ini menunjukkan kondisi cuaca waktu nyata di wilayah Anda. Jika tidak ada konektivitas Internet, itu akan menampilkan ikon widget default Windows.

Jika menurut Anda widget cuaca mengacaukan bilah tugas, Anda dapat menonaktifkannya dari pengaturan Bilah Tugas. Anda juga dapat menggunakan Group Policy Editor dan Registry Editor untuk menonaktifkan opsi widget cuaca di Windows 11. Di sini kami menunjukkan semua cara untuk menghapus widget cuaca di PC Anda.

Cara Menghapus Widget Cuaca Dari Taskbar Windows 11

1. Sembunyikan Widget Cuaca dari Pengaturan

Cara Menghapus Widget Cuaca Dari Taskbar Windows 11

Cara mudah untuk menyembunyikan widget cuaca adalah dengan menonaktifkan item widget dari pengaturan Taskbar. Seperti yang mungkin sudah Anda duga, tindakan tersebut akan menghapus fitur widget sepenuhnya, sehingga Anda tidak akan dapat menggunakan widget lain juga.

Untuk menonaktifkan widget cuaca di Pengaturan Windows:

  1. Tekan Win + I untuk membuka panel Pengaturan .
  2. Selanjutnya, buka tab Personalization di panel kiri.
  3. Di panel kanan, gulir ke bawah dan klik Taskbar .
  4. Di bawah item Taskbar, alihkan Switch untuk Widget untuk mematikannya .

Itu dia. Item widget sekarang akan hilang dari taskbar Anda dan juga menghapus widget cuaca.

Atau, Anda juga dapat dengan cepat mengaktifkan atau menonaktifkan aplikasi widget dari bilah tugas. Untuk melakukan ini, klik kanan pada bilah tugas dan pilih Pengaturan bilah tugas . Ini akan membuka tab Personalisasi di Pengaturan Windows. Dari mana Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan item Taskbar.

2. Cara Menghapus Widget Cuaca Menggunakan Editor Registri

Jika Anda ingin menghentikan orang lain mengaktifkan widget cuaca di PC Anda, Anda dapat memodifikasi registri Windows untuk menonaktifkannya secara permanen. Ini akan menghilangkan opsi Widget di Pengaturan Windows yang mencegah orang lain menyalakan atau mematikannya.

Perhatikan bahwa memodifikasi entri registri melibatkan risiko. Pastikan untuk membuat titik pemulihan sebelum melanjutkan dengan langkah-langkah di bawah ini.

Untuk menghapus widget cuaca menggunakan Editor Registri:

  1. Tekan Win + R untuk membuka Windows Run.
  2. Ketik regedit dan klik OK untuk membuka Registry Editor.
  3. Di Peninjau Registry Editor, navigasikan ke lokasi berikut:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\
  4. Klik kanan pada Microsoft key dan pilih New > Key. Ganti nama kunci sebagai Dsh.Cara Menghapus Widget Cuaca Dari Taskbar Windows 11
  5. Pilih kunci Dsh baru. Klik kanan padanya dan pilih New > DWORD (32-bit) Value.
  6. Ganti nama nilai baru sebagai AllowNewsAndInterests.Cara Menghapus Widget Cuaca Dari Taskbar Windows 11
  7. Klik kanan pada nilai AllowNewsAndInterests dan pilih Modify .Cara Menghapus Widget Cuaca Dari Taskbar Windows 11
  8. Ketik 0 di bidang Value data dan klik OK untuk menyimpan perubahan.

Tutup Registry Editor dan restart PC Anda. Setelah restart, widget cuaca tidak akan muncul lagi. Juga, jika Anda pergi ke Pengaturan> Personalisasi> Bilah Tugas, Anda akan menemukan bahwa opsi Widget berwarna abu-abu.

Untuk mengembalikan opsi Widget, buka Registry Editor dan hapus kunci Dsh yang terletak di HKEY_LOCAL_MACHINE >> SOFTWARE >> Policies >> Microsoft >>.

3. Cara Menonaktifkan Widget Cuaca Menggunakan Group Policy Editor

Cara lain untuk menonaktifkan widget cuaca adalah menggunakan Editor Kebijakan Grup. Pada Windows 11 Pro dan edisi di atasnya, Anda dapat menggunakannya untuk mengonfigurasi dan mengubah pengaturan Kebijakan Grup untuk banyak pengguna.

Namun, jika Anda menggunakan edisi Windows Home, lihat panduan kami untuk mengaktifkan Group Policy Editor di Windows 11 Home .

Selanjutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan widget cuaca menggunakan Editor Kebijakan Grup.

  1. Tekan Win + R untuk membuka Run .
  2. Ketik gpedit.msc dan klik OK untuk membuka Group Policy Editor.Cara Menghapus Widget Cuaca Dari Taskbar Windows 11
  3. Selanjutnya, navigasikan ke lokasi berikut:
    Computer Configuration >> Administrative Templates >> Windows Components >> Widgets
  4. Di panel kanan, klik dua kali pada Allow Widgets untuk membuka propertinya.Cara Menghapus Widget Cuaca Dari Taskbar Windows 11
  5. Dalam dialog pop-up, pilih opsi Disabled.
  6. Klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.

Setelah dinonaktifkan, opsi widget cuaca akan hilang dari bilah tugas. Mirip dengan metode Registry Editor, opsi Widget sekarang berwarna abu-abu di opsi Taskbar di Pengaturan Windows.

Untuk memulihkan opsi Widget, buka Editor Kebijakan Grup dan setel kebijakan Izinkan Widget ke Tidak Dikonfigurasi .

Kesimpulan

Widget cuaca di Windows 11 adalah cara praktis untuk melihat informasi cuaca di wilayah Anda. Arahkan mouse Anda ke widget cuaca, dan widget akan meluas untuk menampilkan widget lainnya.

Yang mengatakan, jika Anda lebih suka tampilan minimal untuk bilah tugas Anda, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan fitur menggunakan pengaturan Bilah Tugas, Editor Kebijakan Grup, dan Editor Registri.