7 Alasan Mengapa Pembukuan Penting untuk Bisnis Anda

Admin -
7 Alasan Mengapa Pembukuan Penting untuk Bisnis Anda

Alasan Mengapa Pembukuan Penting untuk Bisnis Anda – Pembukuan membantu Anda membuat anggaran untuk bisnis Anda , mempersiapkan pengembalian pajak, menjaga bisnis Anda tetap teratur, dan banyak lagi.

Ini adalah sesuatu yang tidak boleh Anda hindari jika Anda ingin menjaga keuangan Anda tetap terkendali dan untuk memastikan HMRC (Pendapatan HM dan Bea Cukai) tidak datang dan menyebabkan Anda lebih banyak masalah. Berikut adalah tujuh alasan mengapa pembukuan penting untuk bisnis Anda.

7 Alasan Mengapa Pembukuan Penting untuk Bisnis Anda

1. Membantu Anda Menganggarkan Secara Akurat

Pembukuan sangat penting untuk bisnis apa pun karena membuatnya lebih mudah untuk dianggarkan. Dengan pendapatan dan pengeluaran Anda diatur dengan benar, mudah untuk meninjau sumber daya dan biaya keuangan Anda.

Anggaran menciptakan peta jalan keuangan untuk bisnis Anda. Dengan anggaran yang tersedia, Anda dapat merencanakan pengeluaran masa depan untuk bisnis Anda guna membantu pertumbuhan. Jika Anda tidak menyimpan pembukuan yang akurat dan terkini, akan jauh lebih sulit untuk mendapatkan anggaran yang akurat karena semuanya hanya tebakan.

Baca juga: 9 Tips Akuntansi Penting untuk Usaha Kecil

2. Membuat Anda Siap untuk Pajak

Betapapun menjengkelkannya, bisnis harus mengajukan pajak mereka pada akhir tahun pajak. Dengan proses pembukuan di tempat, Anda akan memiliki informasi keuangan yang siap untuk musim pajak dan petugas pajak tidak akan kehabisan napas.

Jadi, ketika HMRC menuntut laporan keuangan dari bisnis Anda karena alasan pajak, pembukuan secara teratur berarti Anda akan dapat memprediksi hasilnya lebih akurat jika Anda memiliki neraca terperinci dari waktu ke waktu.

3. Memelihara Catatan Terorganisir

Tekanan pada menit-menit terakhir untuk mencoba menemukan bagian penting dari bisnis dapat menyebabkan tenggat waktu yang terlewat dan beberapa kesalahan kecil merayap. Bisnis dengan ukuran berapa pun tidak boleh melakukan kesalahan apa pun dan pembukuan secara teratur dapat membantu mengatasinya.

Dengan sering melakukan pembukuan Anda, tetap di atas mereka dan tidak meninggalkannya sampai detik terakhir, Anda akan dapat mempertahankan catatan terorganisir. Seiring waktu, akan lebih mudah untuk menemukan bit informasi yang sangat Anda butuhkan dalam waktu singkat.

4. Lebih Mudah Melihat Target Bisnis

Setiap bisnis ingin tumbuh, tetapi catatan keuangan yang buruk dapat menghentikan hal itu terjadi pada kecepatan yang Anda inginkan. Tanpa jumlah atau data yang akurat untuk dianalisis, tidak mudah untuk menetapkan sendiri tujuan pertumbuhan apa pun.

Sekali lagi, itu karena Anda menebak segalanya sehingga Anda akan sangat kecewa karena Anda tidak mencapai target yang Anda tetapkan sebelumnya. Dengan terus memantau pembukuan Anda dan menyimpan catatan keuangan secara teratur, Anda dapat memetakan tujuan bisnis Anda dengan lebih akurat dan mencapai pertumbuhan.

5. Memenuhi Peraturan Pemerintah

Kita semua tahu bahwa pemerintah selalu mengeluarkan inisiatif baru yang terutama untuk mempermudah mereka. Baru-baru ini, inisiatif Making Tax Digital (MTD) yang diharapkan pemerintah untuk dipatuhi oleh bisnis.

Persis seperti yang tertulis di kaleng – bisnis harus mulai melakukan pajak mereka secara digital melalui penggunaan aplikasi dan perangkat lunak. Dalam hal ini, Anda tidak hanya perlu mengerjakan buku tetapi juga menggunakan aplikasi untuk itu.

Sejujurnya, jika Anda menggunakan aplikasi yang mudah digunakan maka prosesnya cukup sederhana. Plus, itu akan menghentikan Anda dari menghadapi hukuman apa pun dan itu berarti Anda tidak perlu membuang uang untuk mengalihdayakan buku Anda.

6. Memberi Anda Kedamaian Pikiran Ekstra

Buku-buku yang tidak terorganisir, HMRC memberi Anda masalah dan tenggat waktu pajak yang menjulang semuanya dapat berkontribusi pada banyak stres dan kepanikan. Sebagai pemilik bisnis, hal terakhir yang Anda inginkan di atas tugas sehari-hari Anda adalah masalah pembukuan yang membebani pikiran Anda.

Ketika buku Anda lengkap dan rapi, mereka tidak akan membuat Anda terjaga di malam hari. Anda dapat tenang mengetahui bahwa informasi keuangan bisnis Anda siap untuk ditinjau tanpa HMRC membuat Anda khawatir. Pikiran Anda akan tenang dan Anda dapat fokus pada area lain dari bisnis Anda.

7. Anda Belajar dalam Proses

Tidak masalah jika Anda seorang pemula atau veteran pembukuan. Melakukan pembukuan digital memberi Anda banyak kesempatan untuk belajar dan mengisi beberapa kesenjangan pengetahuan. Itu bisa langsung dengan aplikasi, lokakarya dan alat gratis dari HMRC atau bahkan membaca konten online.

Pembukuan dapat mengajarkan Anda lebih banyak daripada yang Anda pikirkan tentang keuangan bisnis Anda. Semua yang Anda pelajari akan bermanfaat untuk membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas.